Jumat, 14 Desember 2012

Kamis, 13/12/2012 19:09 WIB

Waka Komisi IV: Tak Semua Anggota Setuju Kunker ke Paris dan China

M Iqbal - detikNews

Jakarta - Wakil Ketua Komisi IV DPR Firman Subagyo memilih tidak ikut dalam kunjungan kerja komisinya ke Perancis dan China. Bukan tanpa sebab, banyak hal yang membuat kunker dinilai tak efektif. Salah satunya soal jumlah anggota yang berangkat dan urgensi tempat.

"Kalau pertimbangan saya, ini kalau kita hanya ketemu dua organisasi yang hanya memberikan otoritas administrasi, saya kira cukup kirim 2 atau 3 orang lebih efektif dan efisien, tetapi hasilnya lebih maksimal daripada kita mengirim banyak orang," kata Firman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Politikus Golkar itu mengatakan persiapan untuk berangkat kunker sudah diputuskan dalam rapat internal Komisi IV sekitar dua minggu sebelum berangkat. Namun, menurut Firman, ternyata tidak semua anggota setuju dengan usulan Kunker untuk membahas RUU Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Di rapat intern itu memang masih ada tarik menarik seperti Pak Siswono dan Prakosa. PDIP itu memberikan warning supaya tidak perlu dilakukan ke Perancis, kemudian lihat urgensinya," ungkapnya.

"Saya sebagai pimpinan poksi IV juga menghimbau kepada anggota saya supaya sebaiknya tidak berangkat, tapi karena hak anggota ya sudah tanggung jawab sendiri-sendiri. Mengenai masalah tempat itu sudah dikoordinasikan dengan KBRI dan dua organisasi di sana sudah menerima," lanjut politisi Golkar itu.

Hal lain yang menjadi pertimbangannya untuk tidak turut serta dalam kunker itu adalah soal urgensi pemilihan tempat. Firman termasuk yang tidak setuju membahas sapi ke Perancis dan China.

"Ada beberapa tempat pemotongan yang dikunjungi, tapi kalau tempat pemotongan lebih efektif yang di Australia dan New Zealand karena di sana bukan produsen sapi terbesar. Kalau lapangan ya ke Australia dan New Zealand, selama ini kan daging kita dari sana, lebih efektif," ucapnya.

"Dan kalau ke Perancis cukup saja dengan mengirim tenaga ahli atau perwakilan dari DPR komisi IV dtugaskan berapa orang lebih efektif lebih efieisien," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 12 anggota DPR komisi IV dan 3 orang staf melakukan kunjungan kerja ke Perancis. Pimpinan rombongan adalah ketua komisi IV Romahurmuziy. Sementara kunker ke China diikuti 13 orang dan 3 orang staf komisi IV.

(bal/trq)
 

Tidak ada komentar: